images-8

The Weeknd: Aku Suka!

Beberapa tahun yang lalu, gue lagi belanja di Carrefour. Mereka muter lagu yang enak. Saking enaknya gue sampe mikir, “Ini kenapa gue baru tau ya Ne-Yo bikin single enak begini.” Sambil antri bayar belanjaan, gue Googling lagunya. Ngetik keyword panjang ‘and if you really need me, you gotta gotta gotta got to love me harder’ dan yang keluar adalah nama Ariana Grande featuring The Weeknd. Bah! Kok bukan Ne-Yo? Suaranya mirip banget ama penyanyi kesukaan eikeh itu. Siapa pula The Weeknd ini? Anak baru? Dan seketika saya merasa tuir dan kurang update.

Fast forward to 2017. Mulai suka lagu Starboy yang sering diputer di radio. Akhirnya download terus masukin mobil. Tiap lagunya main, dikencengin sampe jedar-jedor, sekuatnya speaker mobil gue yang masih orisinil dan kurang keren. Ooo yang nyanyi The Weeknd tho. Nggak berapa lama kemudian, baca berita kalo Selena Gomez pacaran sama The Weeknd. Ooo begini ternyata wujudnya anak ini. Aku suka, soalnya badannya gede (chubby gak sih?) ganteng gitu. Meski rambutnya ajaib. Eh ternyata dia dulu pacarnya Bella Hadid. Duh hits banget sih kamu Dik Weeknd.

images-8

Karena suka lagunya, gue pun browsing liriknya Starboy. Apa yang kutemukan, saudara-saudara? Gue nggak ngerti artinya blas! Gila nggak tuh! Biasanya seaneh apapun bahasa para penyanyi Ameriki, gue dikit-dikit paham lah apa yang mereka nyanyiin.

Contoh: “This hit, that ice cold, Michelle Pfeifer, that white gold / This one for them hood girls, them good girls, straight masterpieces / Stylin, wilin, livin it up in the city / Got Chucks on with Saint Laurent, gotta kiss myself, I’m so pretty…” Nah, kalo lagu ini nggak usah pake browsing gue langsung paham apa artinya, dari depan sampe belakang alinea tersebut di atas. Contekan nih: Chucks itu sepatu Converse (pernah denger sneaker Converse Chuck Taylor, kan?), dipake sama Mas Bruno pas dia juga pake baju YSL, gitu lho.

Lah ini kok liriknya Starboy gue nggak paham setetes pun! Mau nekad? Coba dengerin lagunya, cari liriknya, baca, pasti loe nggak ngerti deh, hahahaaa. Karena penasaran, gue browsing arti liriknya. Akhirnya ketemu. Jadi ternyata lagu Starboy itu penuh dengan slang, metafora, dan bahasa yang secara umum cukup puitis. Wah, gue harus angkat jempol buat The Weeknd. Kamu hebat euy! Jenius karena bisa bikin gue bingung!

Ini contohnya lirik lagu Starboy yang super. Superbikinkepalaguepening.

“House so empty need a centerpiece / 20 racks a table cut from ebony…”

Apa maksudnya coba? Di dalam benak gila gue, gue mengartikan mungkin rumahnya kosong jadinya dia butuh perabotan? Lah terus apa itu meja kayu eboni 20 racks?

Ternyataaaa arti sebenarnya adalah Dik Weeknd ini nggak pernah di rumah, sering kerja di studio atau tur nyanyi, tapi meski begitu dia pengen punya sesuatu yang baguslah buat dipajang di rumah supaya nggak kosong-kosong amat. Nah pajangan tersebut adalah meja yang terbuat dari kayu eboni seharga 20 racks–alias $20.000 bok harganya. Kenapa mahal, karena eboni itu termasuk pohon yang langka dan terancam musnah.

Kalimat yang lain:

“Made your whole year in a week too, yeah…”

Apa pula ini?? Mencapai setahun idup gue dalam seminggu? Okeeee ternyata maksudnya adalah The Weeknd itu artis dengan penghasilan tertinggi ke-15 di tahun 2016, jadi seakan-akan pendapatannya seminggu itu setara dengan gaji setahunnya para rakyat jelata. Beuhhhh.

Gue salut sama anak ini. Dari kecil, karena gue suka sama bahasa, otomatis gue suka sama penyanyi yang liriknya bikin gue mikir. Gue ingat di tahun 90-an, gue yang masih SD piyek berusaha nerjemahin “suffer from alienation, carried the weight on my own…” Lewat deh New Kids on The Block, asyikan Mariah Carey cuy, liriknya lebih nendang! Gedean dikit–menjelang SMP–malah baru dengerin Michael Jackson, wow itu albumnya yang Dangerous SUSAH banget dipahami, aku doyan!

Kembali ke The Weeknd. Setelah memahami Starboy, gue pun usil nontonin lagu-lagunya yang lain di Youtube. Wah, ini mah selera gue banget. Ke mana aja gue selama ini. Kok bisa-bisanya nggak tau ada lagu-lagu ini. Emang sih adalah beberapa yang udah sering gue denger, misalnya yang soundtracknya 50 Shade of Grey, itu lagu asyik banget (jangan liat klipnya tapi, jorok soalnya, ciyus). Kalo dulu ngefans sama Michael Jackson, atau Bruno Mars, pasti gampang suka sama Dik Weeknd ini. Suaranya tinggi kayak Pakde Jacko, gayanya juga inspired by him banget. SUKA! Akhirnya karena mulai gandrung, gue jadi sering dengerin dia.

Coba iseng-iseng dengerin deh lagu-lagunya. Asyik kok!